7 Trik membuat lupis empuk, kenyal, dan anti gagal

7 Trik membuat lupis empuk, kenyal, dan anti gagal
foto: Instagram/@101resepjajan

Brilio.net - Indonesia memiliki beragam kuliner tradisional yang khas, mulai lauk pauk, kue, ataupun camilan basah hingga kering. Lupis merupakan salah satu kue basah tradisional yang saat ini sedikit sulit ditemukan. Biasanya lupis dijual di pasar-pasar tradisional. Lupis terbuat dari ketan yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Lupis biasanya disajikan dengan cenil, klepon, dan jajanan pasar lain dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah. Saat bulan Ramadan ini, lupis cocok banget dijadikan menu takjil. Rasanya yang manis dan legit, membuat lupis bisa memanjakan lidah kamu.

Namun, tak jarang lupis yang ditemukan di pasaran justru teksturnya masih keras dan tidak kenyal. Tentu hal tersebut membuat lupis jadi kurang nendang untuk disantap. Hal tersebut sebetulnya bisa disiasati. Untuk membuat lupis dengan tekstur empuk, namun tetap kenyal sebenarnya cukup mudah.

Kamu bisa meniru trik-trik membuat lupis di bawah ini. Penasaran apa saja triknya? Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Rabu (13/4), berikut tujuh trik membuat lupis empuk, kenyal, dan antigagal.

1. Cuci bersih beras ketan yang akan digunakan, kemudian rendam minimal satu jam. Jangan terlalu lama, karena lupis bisa lembek dan kurang kenyal.

7 Trik membuat lupis empuk, kenyal, dan anti gagal

foto: YouTube/Giri AW

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya