8 Trik buat MPASI ala Fitri Tropica, bantu lancarkan BAB anak

8 Trik buat MPASI ala Fitri Tropica, bantu lancarkan BAB anak
Sesekali tetap beri makanan instan. |

5. Potong makanan seukuran genggaman bayi.

8 Trik buat MPASI ala Fitri Tropica, bantu lancarkan BAB anak

foto: Instagram/@fitrop

Di momen MPASI anak keduanya ini, Fitri Tropica menerapkan metode BLW (baby-led weaning) atau anak makan sendiri tanpa disuapi. Dengan begitu, ia juga mengukur potongan MPASI agar sesuai dengan genggaman buah hatinya. Sehingga, anak akan lebih mudah memasukkan sendiri makanan ke mulutnya.

Manfaatnya banyak sekali dengan membiarkan anak makan sendiri, lho. Dilansir dari livingtextiles.com, anak jadi tak mudah GTM (gerakan tutup mulut) atau pilih-pilih soal makanan, berat badan anak ideal, gerakan motoriknya semakin berkembang, juga pencernaannya lancar.

"Tuh di awal tadi potongannya masih besar-besar. Nah, sekarang dikoreksi jadi lebih "genggam-able" (mudah digenggam)," kata Fitri Tropica.

6. Tambah biskuit jika bayi belum kenyang setelah makanan habis.

8 Trik buat MPASI ala Fitri Tropica, bantu lancarkan BAB anak

foto: Unsplash/Brooke Lark

Fitri Tropica pun ada kalanya mendapati buah hatinya masih ingin terus makan meski MPASI sudah habis. Biasanya, Fitri Tropica memberikan biskuit khusus untuk bayi, daripada menambah porsi MPASI. Sehingga, porsi makan untuk anak tetap ideal, perut bayi tidak mudah begah, dan waktu makan berat pun tetap sesuai dengan jadwal.

"Jadi dikenyangin pake biskuit baby deh," ungkap Fitri Tropica.

7. Gunakan minyak kanola atau kedelai.

8 Trik buat MPASI ala Fitri Tropica, bantu lancarkan BAB anak

foto: Instagram/@fitrop

Fitri Tropica juga memperhatikan penggunaan minyak saat masak MPASI buah hatinya. Ia lebih memilih minyak kanola atau minyak kedelai, karena menurutnya lebih sehat dibanding jenis minyak lain. Dilansir dari healthhub.sg, kedua minyak ini kaya akan lemak sehat, yakni asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk pencernaan, perkembangan, dan pertumbuhan bayi.

"Fun fact: kandungan omega 3 pada Minyak Canola & kedelai lebih tinggi dari EVOO (extra virgin olive oil) dan ELOO (extra light olive oil) loh," ujar Fitri Tropica.

8. Sesekali beri bayi bubur instan.

8 Trik buat MPASI ala Fitri Tropica, bantu lancarkan BAB anak

foto: Unsplash/Taylor Kiser

Fitri Tropica mengaku memang memperbanyak bikin MPASI homemade, tapi sesekali ia tetap memberi bubur fortifikasi atau instan asal tidak terlalu sering. Dilansir dari webmd.com, makanan fortifikasi bermanfaat untuk dukung tulang bayi lebih kuat, pencernaannya lancar, dan jantungnya sehat. Makanan fortifikasi pun sebaiknya dipilih secara selektif agar tetap aman untuk anak.

"Jujur sebelum punya anak aku kira bubur forti tuh kaya mie instant, kurang gizinya. Ternyata setelah baca2, SANGAT JAUH BERBEDA! Kandungan gizinya lengkap dan sudah difortifikasi dgn macro dan micronutrients. TAPI, tetep aku utamain homemade, supaya terlatih makan makanan rumah," jelas wanita yang akrab disapa Fitrop ini.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya