Aman tanpa pemutih, ini cara cepat hilangkan noda kunyit di blender cuma pakai 2 bahan

Aman tanpa pemutih, ini cara cepat hilangkan noda kunyit di blender cuma pakai 2 bahan
foto: YouTube/Adelia Fitri

Brilio.net - Ibu-ibu di Indonesia yang hobi masak pastinya sudah sangat familiar dengan bumbu rempah. Sebut saja lengkuas, lada, cengkeh, kunyit, dan masih banyak lagi. Semua bumbu ini biasa dihaluskan baik menggunakan cobek ataupun blender sebelum dicampurkan pada masakan.

Namun, salah satu bumbu tersebut, yakni kunyit, dikenal punya warna kuning yang cenderung kuat. Nggak heran kalau masakan seperti gulai, tongseng, pesmol, dan lainnya yang pakai kunyit punya warna kuning yang cukup cerah kan? Usut punya usut, dilansir dari the-scientist.com, zat kurkumin yang jadi penghasil warna kuning dari kunyit ini.

Meski bisa mempercantik masakan, tapi warna kuning dari kunyit ini kerap bikin banyak ibu-ibu kesal, lho. Pasalnya, warna kuningnya bisa menempel kuat pada blender. Tak jarang, sisa noda kunyit ini tak bisa hilang kalau hanya dibersihkan dengan air dan sabun. Hal ini juga dialami oleh warganet bernama Adelia.

Lewat unggahan di akun YouTube pribadinya Adelia Fitri, ia menjelaskan, meskipun tak bisa hilang dengan sabun, masih ada cara lain yang bisa membantu enyahkan noda kunyit pada blender, lho. Bahkan, menurutnya cara ini aman lantaran tak pakai bahan bersifat keras seperti pemutih pakaian. Lantas, penasaran gimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya