Biar tak kecele saat makan, ini cara jitu cegah bagian dalam daging ayam masih berdarah usai dimasak

Biar tak kecele saat makan, ini cara jitu cegah bagian dalam daging ayam masih berdarah usai dimasak
Mengenal proses thawing |

Salah seorang warganet bernama Nicke sempat membagikan unggahan untuk menjelaskan kenapa masih ada darah meskipun ayam sudah selesai dimasak. Selain itu, ia juga membagikan cara mencegah supaya tidak ada darah lagi pada bagian dalam daging ayam. Penasaran gimana caranya?

"Sebenarnya itu bukan karena tidak matang, tetapi ayam itu dipaksa untuk segera dimasak," jelasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @tehnickekania pada Selasa (25/4).

Menurut Nicke, bagian dalam daging ayam terdapat darah setelah dimasak seringkali karena kondisi ayam masih beku yang langsung dimasak tanpa dicairkan. Alhasil, bagian darah beku tersebut terpaksa matang dan mengendap di dalam daging ayam.

"Jadi, solusinya adalah kalau kita akan memasak ayam dalam bentuk yang beku, si ayam itu harus dalam keadaan cair atau di-thawing hingga suhu ruang, jadi kita tidak akan ketemu sama si darah beku tadi," ujar Nicke.

Biar tak kecele saat makan, ini cara jitu cegah bagian dalam daging ayam masih berdarah usai dimasak

foto: TikTok/@tehnickekania

Proses thawing atau mencairkan daging beku bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dilansir dari healthline.com, daging beku bisa dicairkan pakai microwave, direndam dengan air dingin, ataupun dipindahkan dulu ke chiller kulkas biar daging tak beku lagi. Setelah ayam bersuhu normal atau suhu ruang, baru siap dimasak.

Di sisi lain, Nicke juga menjelaskan terkadang ayam juga bisa tetap berdarah meskipun tidak dalam keadaan beku. Nah, cara masak agar daging ayam tetap putih bersih tanpa darah, menurutnya harus diungkep dulu sebelum dimasak jadi aneka hidangan sesuai selera.

Biar tak kecele saat makan, ini cara jitu cegah bagian dalam daging ayam masih berdarah usai dimasak

foto: TikTok/@tehnickekania

Gimana, sekarang sudah tahu kan alasan dan cara mencegah supaya daging ayam tak lagi berdarah setelah dimasak? Mengintip kolom komentar di unggahan TikTok @tehnickekania, banyak warganet yang mengaku sangat terbantu dengan unggahan ini, lho. Viewers konten ini juga sudah melampaui 260 ribu kali.

"oh gitu baru tau makasih bu ilmunya semoga Berkah," ungkap TikTok @syifanitrianti.

"MAKASIHHHHHHH,BAKAL AKU LAKUIN," kata TikTok @bilaw.

"Tapi kenapa ayam bakarku masih ada darah, padahal gak keluar dari prizer. Dimasak ulang darah nya jadi coklat," tanya TikTok @Ryan.

"terjawab sudah pertanyaan saya selama 30 tahun. terimakasih," cetus TikTok @kipaskipas.

"buu terimakasih infony aku klo makan ayam bentukannya masih kek gtu akhirnya gamau aku makan dan jd mubazir kann huhu," ujar TikTok @rhaizaprarya.

@tehnickekania Assalamualaikum. Sering masak ayam tapi masih ada darah di dalamnya? Sini teteh kasih tau tips sederhana yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat ya #tipsmasak #usaharumahan #resepmasakan #ayamgoreng #ayambakar original sound - Nicke Dkania

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya