Cara cepat merebus tulang ayam agar hemat gas tanpa presto, nggak sampai 15 menit

Cara cepat merebus tulang ayam agar hemat gas tanpa presto, nggak sampai 15 menit
YouTube/Keluarga Hermawan

Brilio.net - Selain dagingnya, ayam juga sering dimanfaatkan bagian tulangnya. Biasanya tulang ayam bisa menghasilkan kuah kaldu yang lebih gurih dan lezat. Oleh karena itu, air rebusannya sering dipakai untuk berbagai macam olahan, salah satunya jadi kuah sop.

Selain diambil kaldunya, tulang ayam juga biasa dikonsumsi. Ada banyak menu olahan tulang ayam yang menggugah selera, misalnya rica-rica tulang, oseng-oseng, hingga balungan ayam kecap. Tulang ayam juga bisa dijadikan campuran masakan, seperti seblak dan soto.

Bagi pencinta tulang ayam, menyantap sisa daging yang menempel di tulang termasuk sensasi tersendiri. Bumbu masakan yang meresap ke tulang membuatnya lebih lezat ketika dimakan. Sensasi menikmati tulang ayam ini juga semakin lezat jika daging di sekitar tulang mudah terpisah dalam sekali gigitan.

Sayangnya, perlu teknik memasak khusus untuk menghasilkan tekstur daging tulang yang empuk. Jika asal-asalan, daging di sekitar tulang ayam justru lebih alot dan sulit dikunyah. Hal ini tentu saja bisa mengurangi selera makan.

Tapi tenang saja, karena salah satu warganet pernah membagikan video tutorial merebus tulang ayam hingga empuk. Video tutorial ini diunggah oleh pengguna YouTube Keluarga Hermawan. Melalui unggahannya tersebut, dia mengaku bisa merebus tulang ayam dengan cepat.

Umumnya tulang ayam perlu direbus selama 30-60 menit supaya empuk. Namun di video milik YouTube Keluarga Hermawan, durasi perebusan hanya 15 menit saja. Walau tidak menggunakan panci presto, tapi daging tulang ayam bisa empuk, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya