Cara merebus ketupat tanpa presto ini bikin awet 2 hari di suhu ruang

Cara merebus ketupat tanpa presto ini bikin awet 2 hari di suhu ruang
YouTube/Mama Alvin

Brilio.net - Ketupat termasuk salah satu olahan beras putih yang sering dihidangkan saat Idul Fitri atau Lebaran. Umumnya, ketupat disajikan dengan gulai, opor, dan masakan khas Lebaran lain. Tradisi makan ketupat saat Lebaran ini masih dijalani banyak orang hingga saat ini.

Nggak heran jika kemudian banyak orang masih antusias membuat ketupat. Namun tak sedikit pula yang belum tahu cara masak ketupat agar kenyal dan tahan lama sekalipun tidak menggunakan presto. Tak ayal, jenis panci satu ini memang kerap diandalkan untuk merebus ketupat agar cepat empuk dan tahan lama.

Namun sebenarnya ada sebuah cara yang bisa dilakukan untuk merebus ketupat agar lebih hemat gas tanpa presto. Tak hanya itu, perebusan ini juga bikin ketupat awet dua hari di suhu ruang, lho. Cocok banget nih dijadikan stok di rumah saat Lebaran nanti.

Lebih lanjutnya, kamu bisa menyimak video tutorial yang dibagikan pengguna YouTube Mama Alvin. Melalui salah satu unggahannya, Alvin mengaku perebusan yang dilakukan hanya memakan waktu 30 menit. Durasi ini cukup singkat mengingat umumnya perebusan ketupat butuh waktu 1-2 jam atau bahkan lebih.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya