Cara cepat masak ketupat dalam 10 menit tanpa presto, hemat gas dan praktis

Cara cepat masak ketupat dalam 10 menit tanpa presto, hemat gas dan praktis
freepik.com

Brilio.net - Ketupat memang paling enak disantap dengan opor ayam dan sambal goreng kentang. Menu khas Lebaran ini selalu bisa bikin ketagihan. Gurihnya opor dan pedasnya sambal goreng makin nikmat disantap bersama lembutnya ketupat.

Saat Lebaran, banyak orang akan membuat ketupat beramai-ramai dengan keluarga. Hal ini sudah jadi tradisi tersendiri di banyak daerah. Selain melestarikan tradisi, membuat ketupat juga cenderung hemat biaya.

Walaupun begitu, masih banyak juga masyarakat yang memilih membeli ketupat dalam bentuk yang sudah matang. Bukan tanpa alasan, memasak ketupat sendiri memang butuh kesabaran tinggi karena waktu yang diperlukan cukup lama. Hal ini disebabkan perebusan yang memakan waktu berjam-jam.

Belum lagi proses menganyam daun kelapa atau janur yang butuh ketelitian tinggi. Bagi sebagian orang, menganyam ketupat cukup merepotkan. Jika tidak terampil, hasil anyaman ketupat justru tidak rapat dan bolong di sana-sini.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya kamu tetap bisa memasak ketupat dengan lebih praktis dan hemat gas. Seorang pengguna YouTube bernama Rennovvv pernah membocorkan triknya.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Rennovvv pada Selasa (18/4), ketupat yang dibuat pada dasarnya tidak menggunakan janur, melainkan plastik tahan panas. Penggunaan plastik ini tak hanya lebih praktis, namun juga ekonomis. Tak hanya itu, dia juga menjelaskan tentang proses memasak ketupat dengan lebih cepat, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya