Tanpa digoreng, ini trik masak opor tahu tempe agar tidak hancur dan bumbu meresap sempurna

Tanpa digoreng, ini trik masak opor tahu tempe agar tidak hancur dan bumbu meresap sempurna
YouTube/Dapur Ana

Brilio.net - Ada berbagai macam bahan makanan yang bisa digunakan sebagai bahan utama opor. Selain daging-dagingan, tahu dan tempe juga termasuk bahan makanan yang populer untuk opor. Kedua bahan makanan ini mudah didapat, ekonomis, dan punya nilai gizi yang tinggi.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, tahu merupakan sumber zat besi dan kalsium yang sangat baik. Sedangkan tempe mengandung protein tinggi yang berasal dari kedelainya. Sejumlah nutrisi ini sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Salah satu olahan tahu tempe yang lezat adalah dimasak dengan kuah opor. Bumbu opor yang terbuat dari rempah Nusantara membuat sajian satu ini makin istimewa. Selain itu, opor tahu tempe juga bisa jadi alternatif buat kamu yang bosan dengan daging dan ayam.

Jika hendak membuat opor tahu tempe, perlu diketahui bahwa kedua bahan ini cenderung mudah hancur ketika dimasak dengan menu berkuah. Oleh karena itu, sejumlah orang biasanya akan menggorengnya terlebih dahulu. Dengan begitu, tekstur tahu dan tempe akan lebih kokoh dan tak mudah hancur.

Namun sebenarnya tahap penggorengan tersebut tak perlu dilakukan, lho. Ada sejumlah trik yang bisa diterapkan agar tahu dan tempe tidak hancur saat dimasak dengan kuah opor. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Ana.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya