Trik masak opor ayam putih agar dagingnya tidak amis walau tanpa direbus

Trik masak opor ayam putih agar dagingnya tidak amis walau tanpa direbus
YouTube/Dapur Moms Muda

Brilio.net - Opor punya berbagai macam varian. Varian ini bisa dipengaruhi oleh bumbu ataupun bahan yang digunakan. Misalnya opor ayam. Tapi jika dilihat dari bumbunya, ada dua jenis opor ayam yang sering dibuat, yakni opor ayam kuning dan opor ayam putih.

Perbedaan kedua jenis opor ini terletak pada satu bumbu rempahnya, yakni kunyit. Kunyit ini bisa membuat masakan jadi berwarna kuning. Oleh karena itu, opor ayam kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak demikian.

Warna opor ayam putih memang terlihat lebih pucat. Meskipun begitu, kelezatannya membuat banyak orang tetap menggemari opor ayam putih yang spesial. Namun kekhawatiran membuat opor ini justru terletak pada penggunaan ayam. Seringkali opor menghasilkan bau amis sekalipun jika sudah matang.

Biasanya, daging ayam yang dipakai memang perlu direbus terlebih dahulu. Namun bagi sebagian orang, tahap ini cenderung merepotkan dan buang waktu. Sehingga tak jarang yang malas melakukannya dan berujung pada opor yang tetap bau amis.

Tapi sebenarnya kini kamu tak perlu khawatir karena ada sebuah trik yang bisa diterapkan saat hendak membuat opor ayam putih. Karena seorang warganet pernah membagikan trik memasak opor ayam putih tanpa direbus namun hasilnya tetap tidak amis.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya