Bikin perut kembung, hindari 7 makanan ini saat sahur dan buka puasa

10 / 04 / 2022 17:30 WIB Annathiqotul Laduniyah
Bikin perut kembung, hindari 7 makanan ini saat sahur dan buka puasa
unsplash.com

Brilio.net - Perut kembung dan begah bisa terjadi ketika menjalani puasa. Kondisi ini pun bisa mengurangi stamina saat beraktivitas selama puasa.

Dilansir dari nhs.uk, perut kembung terjadi karena kandungan gas di perut tinggi. Sedangkan peningkatan gas ini bisa berasal dari makanan tertentu yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka.

Supaya terhindar dari perut kembung, sebaiknya hindari makanan yang memicu gas. Bahkan ada beberapa bahan makanan yang dipercaya sehat tetapi justru bisa bikin kembung, lho.

Penasaran apa saja bahan makan makanan yang bisa bikin perut kembung? Simak ulasannya yang telah BrilioFood lansir dari berbagai sumber pada Minggu (10/4).

1. Brokoli.

makanan yang bikin kembung saat puasa berbagai sumber

foto: unsplash.com

Brokoli termasuk jenis sayuran silang yang lezat dan seringkali dijadikan pilihan untuk membuat menu makan sehat. Namun ternyata brokoli juga bisa membuat kembung, lho. Dilansir dari healthline.com, brokoli mengandung salah satu jenis karbohidrat yang dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang.

2. Produk susu.

makanan yang bikin kembung saat puasa berbagai sumber

foto: freepik.com

Susu dan produk turunannya seperti keju dan yogurt juga perlu diperhatikan jumlah konsumsinya saat sahur dan berbuka. Supaya terhindar dari kembung dan tetap nyaman saat menjalani puasa, lebih baik menghindari konsumsi jenis makanan ini.

Menurut laporan di European Review for Medical and Pharmacological Sciences yang dilansir dari medicalnewstoday.com, jika kamu memiliki intoleransi terhadap laktosa, mengonsumsi cenderung produk susu bisa menyebabkan kembung, kram perut, hingga diare.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

  • Ayam Panggang Saus Cola

    Ayam Panggang Saus Cola

Review

Selengkapnya