Bukan daun jeruk, ini trik menyimpan beras di karung agar bebas kutu cuma pakai 1 bahan dapur

Bukan daun jeruk, ini trik menyimpan beras di karung agar bebas kutu cuma pakai 1 bahan dapur
foto:YouTube/Rumah Rakyat Channel

Brilio.net - Karena dikonsumsi setiap hari, banyak orang sengaja menyimpan beras sebagai stok di rumah. Nggak tanggung-tanggung, ada juga yang stok berasnya sampai berkarung-karung, lho. Bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan agar bisa langsung mengambil beras sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Meski terbilang praktis, menyimpan beras dalam jumlah banyak punya risiko tersendiri. Iya, saat disimpan asal, beras bisa terkontaminasi dengan kutu. Karena bentuknya kecil, kutu bisa mudah masuk ke dalam karung beras. Kalau sudah begini, lama-lama beras yang disimpan berubah menguning dan apek.

Untuk menghindari hal itu terjadi, kamu perlu trik khusus saat menyimpan stok beras dalam karung. Sejumlah orang biasanya menaruh beberapa lembar daun jeruk ke dalam beras. Dilansir dari thespruce.com, daun jeruk mengandung minyak atsiri yang punya aroma khas. Aroma inilah yang bisa mengusir berbagai serangga di dalam beras, termasuk kutu.

Tapi, nggak cuma daun jeruk saja, karena ternyata ada bahan dapur lainnya yang punya fungsi serupa. Bahan dapur yang dimaksud adalah daun sirsak. Cara menyimpan beras pakai daun sirsak ini sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Rumah Rakyat Channel. Lantas bagaimana cara pengaplikasiannya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya