Bukan diamati cangkangnya, warganet ini punya trik tak biasa untuk deteksi telur rebus sudah matang

Bukan diamati cangkangnya, warganet ini punya trik tak biasa untuk deteksi telur rebus sudah matang
YouTube/Azizi Aka channel

Brilio.net - Telur rebus bisa jadi menu lauk harian yang tak hanya mengenyangkan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Dilansir dari webmd.com, mengonsumsi telur rebus bisa membantu turunkan kolesterol jahat dalam tubuh, menyehatkan mata, menguatkan tulang, menurunkan berat badan berlebih, dan lain sebagainya.

Usai direbus, makanan ini bisa dikreasikan lagi pakai bumbu-bumbu favorit, baik cabai hijau, balado, kecap, asam manis, dan lain-lain. Dijamin, telur rebus jadi semakin nikmat di lidah. Apalagi, kalau disantap pakai nasi hangat dan kerupuk, dijamin bikin tetangga ngiler lihatnya.

Namun, bagi sejumlah orang, apalagi yang masih pemula soal memasak, merebus telur dianggap cenderung sulit. Pasalnya, saat direbus, kamu tak bisa melihat kondisi di balik cangkang telur apakah isinya sudah matang atau belum. Kalau asal kira dan mengangkatnya begitu saja, bisa-bisa waktu perebusan kurang tepat, baik telur belum matang atau overcooked (terlalu matang).

Makanya tak sedikit orang memilih menghitung mundur pakai timer baik pakai alat khusus maupun handphone sesuai menit yang diinginkan saat merebus telur. Di sisi lain, ada pula cara lain mendeteksi apakah telur sudah matang, yakni mengamati cangkangnya. Usut punya usut, kalau cangkangnya jadi kering saat diangkat dari air rebusan, artinya telur sudah matang.

Tetapi, berbeda dengan warganet bernama Azizi, nih. Ia tak perlu timer maupun mengamati cangkang telur sama sekali, lantaran ia punya trik lain yang antimainstream banget. Meski tak biasa, menurutnya trik ini cukup praktis, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya