Bukan dicuci, ini cara aman menghilangkan noda kunyit di panci antilengket

Bukan dicuci, ini cara aman menghilangkan noda kunyit di panci antilengket
Instagram/@mailanihajrin_mci

Brilio.net - Kunyit kerap dimasukkan ke berbagai macam masakan khas Nusantara. Selain memberikan warna kuning cantik, kunyit juga meningkatkan cita rasa masakan. Bahkan aromanya yang sedap bisa membantu menghilangkan bau amis pada ikan.

Namun perlu diketahui bahwa kunyit memiliki kandungan kurkumin yang membuatnya berwarna kuning pekat. Nah, zat kurkumin ini cenderung mudah menempel pada benda. Umumnya, perabot yang dipakai untuk mengolah kunyit bisa jadi kuning seketika. Mulai dari pisau, talenan, piring, hingga panci.

Untuk membersihkan noda kunyit di talenan atau pisau, kamu cukup menggosoknya dengan kuat menggunakan sabun cuci piring. Namun jika noda kuningnya menempel di panci, khususnya panci antilengket, tentu cara tersebut sangat berbahaya. Alih-alih noda kunyit hilang, justru lapisan antilengket bisa mengelupas dan bikin panci jadi rusak.

Untuk menghindari hal tersebut, ada trik khusus yang bisa dilakukan. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @mailanihajrin_mci. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan sabun untuk menghilangkan noda kunyit tersebut. Ada cara lain yang lebih efektif, aman, dan nggak butuh banyak tenaga.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @mailanihajrin_mci pada Minggu (22/10), pengguna Instagram tersebut mulanya memasak ayam ungkep. Karena bumbu kunyit yang dipakai cukup banyak, jadi sejumlah perabot dapur seperti panci antilengket pun terkena noda kunyit sekalipun sudah dicuci dengan sabun.

Bukan dicuci, ini cara aman menghilangkan noda kunyit di panci antilengket

foto: Instagram/@mailanihajrin_mci

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya