Empuk dalam 5 menit, ini trik merebus singkong agar teksturnya merekah meski tanpa panci presto

Empuk dalam 5 menit, ini trik merebus singkong agar teksturnya merekah meski tanpa panci presto
TikTok/@masakituibadah

Brilio.net - Singkong dikenal sebagai bahan makanan yang tinggi karbohidrat. Kandungan pati di dalamnya dipercaya bisa membuat tubuh merasa kenyang usai mengonsumsi singkong. Hal ini lantas membuat singkong kerap dipilih sebagai menu makan pengganti nasi.

Selain mengenyangkan, singkong juga bisa diolah jadi berbagai macam menu. Salah satu olahan yang paling mudah dibuat adalah singkong rebus. Menu olahan singkong satu ini kerap dikonsumsi karena cocok disantap dengan aneka lauk atau sayur lainnya.

Tak hanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi, singkong rebus juga dapat diolah lagi jadi menu lain, lho. Misalnya jadi kolak, singkong gula merah, lemet, kroket, hingga digoreng lagi agar teksturnya lebih krispi.

Namun perlu diketahui bahwa merebus singkong tidak semudah yang dibayangkan, lho. Karena tekstur awal singkong yang keras saat masih mentah, harus direbus dalam waktu lama. Jika direbus dengan panci biasa, singkong baru bisa empuk dalam 30-60 menit.

Lamanya durasi merebus singkong ini tentu bikin boros gas. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian menggunakan alternatif lain. Salah satunya menggunakan panci presto. Singkong yang direbus dengan panci presto biasanya akan empuk dalam waktu 10-15 menit.

Padahal tahu nggak sih, sebenarnya durasi merebus singkong bisa dipersingkat, lho. Jika tahu trik khususnya, kamu hanya butuh waktu 5 menit untuk merebus singkong agar teksturnya empuk. Trik cepat merebus singkong ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @masakituibadah.

Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan panci biasa (bukan presto). Walaupun begitu, hasil singkong yang direbus bisa empuk bahkan sampai merekah, lho. Usut punya usut, teknik perebusan yang dilakukan cenderung mudah dilakukan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya