Cukup 5 menit, begini trik merebus kacang hijau agar cepat empuk dan hemat gas walau tanpa presto

Cukup 5 menit, begini trik merebus kacang hijau agar cepat empuk dan hemat gas walau tanpa presto
foto: YouTube/Galeri Linda

Brilio.net - Kacang hijau dikenal sebagai bahan makanan yang biasa diolah menjadi bubur. Umumnya, bubur kacang hijau disajikan dengan santan dan ketan hitam supaya lebih enak. Namun selain bubur, kacang hijau juga bisa diolah jadi berbagai macam makanan, seperti mageli, jongkong, aneka kue, hingga isian onde-onde.

Namun apapun menunya, metode awal pengolahan kacang hijau ini biasanya sama. Agar dapat dikonsumsi, kacang hijau perlu direbus dulu agar teksturnya lebih empuk dan merekah. Jika teksturnya sudah empuk dan lembut, kacang hijau baru bisa diolah dengan berbagai macam bahan lain.

Merebus kacang hijau pada dasarnya sama halnya ketika merebus bahan makanan lain. Namun karena teksturnya yang keras saat masih mentah, perebusan kacang hijau ini biasanya memerlukan waktu yang lebih lama. Jika menggunakan panci biasa, butuh waktu 30-45 menit untuk membuat kacang hijau jadi empuk dan lembut. Sedangkan jika menggunakan presto, durasi perebusan bisa lembut singkat dari itu.

Namun jika tidak ada panci presto di dapur, kamu bisa menggunakan teknik tertentu untuk merebus kacang hijau ini. Seorang pengguna YouTube Galeri Linda pernah membagikan trik merebus kacang hijau dengan cepat. Dalam waktu 5 menit saja, tekstur kacang hijau bisa jadi lembut waktu direbus dengan panci biasa. Seperti apa caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya