Tanpa direndam, ini cara rebus kacang hijau agar cepat empuk dan hemat gas dalam 10 menit

Tanpa direndam, ini cara rebus kacang hijau agar cepat empuk dan hemat gas dalam 10 menit
TikTok/@halalfoodkuliner

Brilio.net - Kacang hijau termasuk salah satu makanan yang tinggi nutrisi. Dilansir dari healthline.com, kacang hijau mengandung protein tinggi, asam amino, antioksidan, hingga zat besi. Sejumlah nutrisi ini sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Untuk mendapatkan nutrisi tersebut, mengonsumsi kacang hijau langsung menjadi satu satunya cara. Pada dasarnya, kacang hijau memang kerap diolah jadi berbagai macam masakan. Mulai dari bubur, gandasturi, isian onde-onde, campuran nasi, dan masih banyak lagi.

Walau bisa dibuat dengan berbagai macam bumbu dan bahan tambahan, namun pengolahan dasar kacang hijau tetap sama. Jadi kacang hijau harus direndam dulu selama semalaman. Lalu direbus dalam waktu yang lama supaya bisa empuk dan merekah. Setelah empuk, barulah kacang hijau bisa dicampur dengan berbagai macam bahan lain.

Sebenarnya, perendaman ini bertujuan agar proses perebusan bisa lebih singkat. Namun tetap saja, butuh waktu paling tidak 30-45 menit untuk mengempukkan kacang hijau. Selain memakan banyak waktu, hal ini juga bikin boros gas.

Jika ingin mempersingkat durasi perebusan tersebut, kamu perlu menggunakan teknik khusus seperti yang dilakukan pengguna TikTok @halalfoodkuliner. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku memiliki cara tersendiri untuk merebus kacang hijau. Tanpa perlu direndam dulu, kacang hijau ini bisa empuk dalam waktu 10 menit saja, lho. Dijamin hemat gas, deh.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya