Jangan cuma direbus, ini trik bikin telur bacem semakin kenyal dan cokelat sempurna

Jangan cuma direbus, ini trik bikin telur bacem semakin kenyal dan cokelat sempurna
YouTube/TERRA CATERING

Brilio.net - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah dijangkau. Selain itu, telur juga bisa dimasak dengan berbagai macam metode. Mulai dari digoreng, direbus, dikukus, atau dicampur dengan aneka bumbu maupun bahan lain.

Di antara banyaknya olahan sumber protein tersebut, telur bacem jadi salah satu menu favorit banyak orang. Biasanya telur bacem dijadikan pelengkap gudeg, soto, atau tumpeng. Warna cokelat gelap dan aroma sedapnya yang khas membuat olahan telur ini selalu bisa meningkatkan selera makan.

Sebenarnya, telur bacem ini bisa dibuat dengan mudah. Kamu tinggal merebusnya bersama dengan bumbu dan kecap manis yang banyak. Namun supaya hasilnya bisa cokelat sempurna, biasanya sebagian besar orang menggunakan tambahan daun jati sebagai pewarna alami.

Selain menggunakan daun jati, telur bacem juga direbus dalam waktu lama agar warnanya bisa cokelat sempurna. Sayangnya, perebusan ini juga berpotensi bikin telur jadi terlalu matang dan mudah hancur saat dimakan. Tentu kamu nggak ingin menyantap telur yang seperti itu, bukan?

Jika kamu hendak membuat telur bacem, tak perlu khawatir, ada trik yang bisa dilakukan agar hasil telur tetap kenyal dan cokelat sempurna. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube TERRA CATERING. Melalui salah satu video yang diunggah, dia menggunakan beberapa teknik khusus agar hasil telur bacem bisa menarik dan teksturnya kenyal.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya