Jangan cuma pakai kopi, begini trik merebus jengkol agar baunya hilang dan cepat empuk dalam 10 menit

Jangan cuma pakai kopi, begini trik merebus jengkol agar baunya hilang dan cepat empuk dalam 10 menit
YouTube/SI MBOK MENUR

Brilio.net - Jengkol dikenal dengan baunya yang menyengat. Walaupun begitu, banyak orang gemar mengonsumsi bahan makanan satu ini karena rasanya enak. Selain itu, teksturnya yang empuk mirip daging juga bisa menambah selera makan.

Sayangnya tak sedikit yang masih kesulitan mengolah jengkol. Karena jika asal, bau jengkol biasanya akan melekat kuat sekalipun sudah dimasak dengan bumbu. Dan nggak cuma itu, tekstur jengkol juga masih keras dan sulit dikunyah jika tidak diolah dengan baik.

Memang pada dasarnya, jengkol harus direbus lama agar teksturnya empuk. Setidaknya butuh waktu 30-60 menit untuk membuat jengkol benar-benar empuk. Selain itu, jengkol juga harus direbus bersama dengan bahan khusus agar bau tak sedapnya berkurang. Biasanya bahan yang dipakai adalah bubuk kopi yang punya aroma kuat. Nah, aroma kopi yang kuat dan sedap ini dipercaya bisa mengurangi bau tak sedap jengkol, lho.

Tapi selain menggunakan kopi, sebenarnya ada bahan lain yang bisa ditambahkan agar bau jengkol benar-benar hilang secara drastis. Hal ini pernah dibagikan oleh seorang pengguna YouTube SI MBOK MENUR. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak hanya menggunakan bahan-bahan khusus, tapi juga menerapkan trik dalam merebus jengkol agar cepat empuk dalam 10 menit.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya