Tanpa bubuk kopi dan rempah, ini trik merebus jengkol agar cepat empuk dan tak bau pakai 2 bahan dapur

Tanpa bubuk kopi dan rempah, ini trik merebus jengkol agar cepat empuk dan tak bau pakai 2 bahan dapur
YouTube/Dapoer Cheger

Brilio.net - Jengkol merupakan bahan makanan yang memiliki aroma menyengat. Namun hal tersebut tidak menghalangi para penggemar jengkol untuk tetap menyantap berbagai macam olahannya. Memang di balik baunya yang kurang sedap, jengkol punya rasa enak dan tekstur empuk yang mirip dengan daging.

Tapi mengolah jengkol ini bisa dibilang susah-susah gampang, lho. Jika tidak tahu triknya, tekstur jengkol akan keras saat disantap. Selain itu, bau tak sedapnya bisa semakin menyengat.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan bahan-bahan khusus. Misalnya memanfaatkan bubuk kopi atau rempah seperti daun salam, daun jeruk, serai, hingga jahe. Jadi, jengkol direbus dengan bahan tersebut agar tak bau.

Walau ampuh, namun proses perebusan dengan bahan tersebut sebenarnya hanya ampuh untuk menghilangkan bau tak sedapnya. Masih butuh waktu lama jika merebus jengkoldengan panci biasa bersama bahan-bahan tersebut.

Tapi kamu tak perlu khawatir. Ada trik khusus yang bisa diterapkan saat hendak merebus jengkol. Seorang pengguna YouTube Dapoer Cheger pernah membagikan trik merebus jengkol agar cepat empuk dan tak bau. Dalam video tersebut, dia mengaku tidak menggunakan bubuk kopi atau rempah apapun.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya