Trik merebus jengkol agar hemat gas dan cepat empuk, cuma butuh 12 menit

Trik merebus jengkol agar hemat gas dan cepat empuk, cuma butuh 12 menit
foto: YouTube/Wanva Family

Brilio.net - Jengkol masih menjadi makanan favorit bagi sebagai orang, meski baunya menyengat. Bahan makanan satu ini memang dikenal punya rasa yang sangat nikmat jika diolah dengan tepat. Ada banyak menu olahan jengkol yang nendang di lidah, seperti sambal jengkol, semur jengkol, jengkol balado, jengkol cabai hijau, dan masih banyak lagi.

Selain enak, jengkol juga dikenal memiliki tekstur sangat empuk. Bagi sejumlah penggemar jengkol, tekstur empuk ini sering dianggap mirip daging. Sehingga akan semakin lezat ketika diolah bersama dengan bumbu-bumbu rempah.

Namun untuk membuat jengkol yang empuk rupanya perlu proses memasak yang cukup lama, lho. Hal ini dikarenakan jengkol mentah memiliki tekstur yang sangat keras, sehingga harus direbus dalam waktu yang lama untuk membuatnya jadi empuk. Proses merebus ini bahkan bisa memakan waktu 30-60 menit lamanya.

Dengan waktu memasak selama itu, gas kompor yang digunakan tentu juga akan cepat habis. Padahal sebenarnya, kamu bisa mempersingkat proses merebus jengkol ini, lho. Ada sejumlah trik merebus jengkol yang bisa diterapkan biar lebih hemat gas dan jengkol cepat empuk.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya