Cukup 5 menit, begini cara merebus daun pepaya agar cepat empuk dan tak pahit pakai 1 bumbu dapur

Cukup 5 menit, begini cara merebus daun pepaya agar cepat empuk dan tak pahit pakai 1 bumbu dapur
YouTube/APSHA TV

Brilio.net - Daun pepaya kerap dijadikan sebagai pelengkap makan berat. Jenis daun satu ini memang bisa dimasak jadi menu lezat dengan campuran berbagai bumbu khas Nusantara. Tapi selain itu, daun pepaya juga bisa dikonsumsi langsung walau hanya direbus, lho.

Walau bisa dimakan langsung, banyak orang enggan mengonsumsi daun pepaya karena rasanya pahit. Dilansir dari iopscience.iop.org, daun pepaya mengandung senyawa bernama saponin. Nah, senyawa inilah yang menghasilkan rasa pahit pada daun pepaya.

Tapi tenang, sebenarnya rasa pahit daun pepaya bisa dihilangkan. Jika direbus dengan cara yang tepat, rasa daun pepaya bisa lebih enak dan nggak pahit lagi. Nggak cuma itu, durasi perebusannya juga bisa dipersingkat dengan teknik tertentu.

Beruntungnya, seorang pengguna YouTube APSHA TV pernah membagikan cara khusus ketika merebus daun pepaya. Usut punya usut, dia hanya mengandalkan satu bumbu dapur saja saat merebus daun pepaya. Bumbu masak ini bisa mempercepat proses pengempukkan daun pepaya sekaligus menghilangkan rasa pahitnya.

"Kali ini aku mau kasih resep, gimana caranya merebus daun pepaya itu supaya tidak pahit dan tetap hijau warnanya tanpa menggunakan pewarna makanan," ujar YouTube APSHA TV, dikutip BrilioFood pada Jumat (4/8).


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya