Tak perlu bahan tambahan, begini cara merebus singkong agar cepat empuk dan merekah dalam 10 menit

Tak perlu bahan tambahan, begini cara merebus singkong agar cepat empuk dan merekah dalam 10 menit
foto: YouTube/Nienongz Lina

Brilio.net - Singkong termasuk salah satu jenis umbi-umbian yang padat nutrisi dan bisa bikin tubuh kenyang saat dikonsumsi. Dilansir dari climatetracker.org, singkong bahkan bisa menjadi pengganti nasi yang lebih sehat. Hal ini lantaran kandungan indeks glikemik singkong jauh lebih rendah dibandingkan nasi. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi juga membuat singkong termasuk makanan sehat dan mengenyangkan.

Padatnya nutrisi pada singkong membuatnya kerap dipilih sebagai bahan utama aneka hidangan. Salah satunya untuk camilan yang sederhana seperti singkong rebus. Banyak orang mengonsumsi camilan singkong rebus ini karena cenderung mengenyangkan, enak, dan ekonomis lho.

Sayangnya, merebus singkong ini membutuhkan waktu yang lama. Tak tanggung-tanggung, durasi perebusan yang dibutuhkan mencapai 45-60 menit untuk menghasilkan singkong yang empuk dan merekah. Durasi perebusan yang lama membuat proses memasak jadi boros gas dan waktu.

Padahal jika tahu teknik khususnya, proses perebusan singkong ini bisa dipersingkat. Beberapa orang biasanya akan menggunakan bahan tambahan, seperti garam, daun jambu biji, atau bahkan baking soda untuk mempercepat perebusan. Tapi sebenarnya, ada teknik lain yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan sejumlah bahan tambahan tadi.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya