Tak perlu metode khusus, begini trik merebus kacang hijau agar cepat empuk tanpa panci presto

Tak perlu metode khusus, begini trik merebus kacang hijau agar cepat empuk tanpa panci presto
YouTube/Dapur Bu Siti

Brilio.net - Kacang hijau biasanya dijadikan sebagai camilan dengan cita rasa manis, misalnya es krim, isian bakpia, onde-onde, hingga gandasturi. Untuk membuat berbagai hidangan tersebut, kacang hijau perlu diolah terlebih dahulu dengan beberapa tahapan.

Namun, tahap awalnya adalah dengan merebus kacang hijau agar semakin empuk. Tekstur kacang hijau yang empuk bisa membuatnya mudah diolah lagi dengan berbagai macam bahan lain.

Namun saat mentah, kacang hijau punya tekstur sangat keras bahkan seperti kerikil. Untuk mengempukkannya, kacang hijau harus direbus dengan panci presto yang punya tekanan tinggi. Dengan begitu, kacang hijau jadi empuk dan lembut walau direbus dalam waktu singkat.

Jika tidak menggunakan panci presto, perebusan kacang hijau ini harus dilakukan dengan metode khusus. Dengan cara 5-30-7 misalnya. Dengan direbus selama 5 menit, direndam 30 menit, dan direbus kembali selama 7 menit, kacang hijau dipercaya semakin empuk. Namun tetap saja, total durasi pengolahannya mencapai 40-50 menit.

Padahal selain menggunakan sejumlah metode tersebut, sebenarnya ada trik lain yang bisa dilakukan untuk mengempukkan kacang hijau, nih. Seorang pengguna YouTube Dapur Bu Siti pernah membagikan trik merebus kacang hijau tanpa metode khusus atau panci presto. Dengan trik miliknya, kamu tetap bisa hemat gas dan waktu memasak, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya