Trik jitu merebus telur supaya tak overcooked, nutrisinya nggak hilang dan mudah dikupas

Trik jitu merebus telur supaya tak overcooked, nutrisinya nggak hilang dan mudah dikupas
TikTok/@novita.harun

Brilio.net - Ada beragam sumber protein untuk disantap setiap harinya. Contohnya daging ayam, sapi, ikan, udang, telur, dan lainnya. Tetapi, di antara sejumlah protein hewani tersebut, telur sering jadi andalan banyak orang karena harganya dianggap ekonomis dan mudah diolah jadi aneka masakan. Telur bisa dimasak jadi sup, tumisan, didadar, diceplok, atau direbus begitu saja.

Nah, untuk telur yang direbus, bukan hanya cara pembuatannya yang mudah, tapi rasanya juga enak dan lebih sehat. Pasalnya, dilansir dari healthline.com, telur rebus tidak mendapat tambahan kalori selama proses memasaknya. Di samping itu, hidangan ini juga kaya potassium, vitamin B, serta asam folat, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Namun, banyak orang ternyata masih keliru saat merebus telur, sehingga hasilnya overcooked (terlalu matang) dan sulit dikupas. Sebab, dilansir dari simplypreppedmeals.com, telur sebaiknya jangan direbus hingga terlalu matang karena bisa kehilangan nutrisi, baik vitamin dan mineral. Nah, biar nggak keliru lagi, kamu bisa meniru trik yang dibagikan warganet bernama Novita, nih.

Lewat sebuah unggahan di akun TikTok pribadinya @novita.harun, ia menjelaskan trik masak ini bukan hanya membantu biar telur bisa matang sempurna tanpa overcooked dan mudah dikupas, tapi juga tak boros gas serta air. Lantas, penasaran gimana triknya?

"Hemat gas dan air. Telur matang dengan sempurna," tegasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @novita.harun pada Selasa (22/8).



(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya