Bukan direbus kopi, ini cara basmi bau tak sedap pada jengkol pakai 2 bumbu dapur dalam 12 menit

Bukan direbus kopi, ini cara basmi bau tak sedap pada jengkol pakai 2 bumbu dapur dalam 12 menit
Instagram/@keyla_home

Brilio.net - Ada beberapa bahan makanan yang sengaja dihindari karena punya bau menyengat. Nggak cuma petai, ada pula jengkol. Bahkan tak jarang, setelah makan jengkol bau menyengat keluar dari mulut hingga urin.

Dilansir dari www.sciencedirect.com, bau jengkol disebabkan karena asam jengkolat yang mengandung belerang cukup tinggi. Nggak cuma bau, tekstur jengkol juga keras jika tidak diolah dengan baik. Oleh karena itu, jengkol bisa direbus terlebih dahulu sebelum dimasak dengan berbagai bumbu.

Agar hasilnya maksimal, proses perebusan jengkol memerlukan waktu yang nggak sebentar, sekitar 30-60 menit. Nggak cuma itu, sejumlah orang sengaja menambahkan bahan lain ke dalam air rebusan untuk mengurangi bau jengkol. Salah satu bahan yang sering dipakai adalah kopi. Aroma kopi yang kuat dianggap bisa menetralkan bau tak sedap jengkol.

Tapi kalau nggak mau stok kopimu berkurang, kamu bisa merebus jengkol pakai bahan tambahan lainnya. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna Instagram @keyla_home. Di salah satu unggahannya, warganet tersebut mengganti kopi pakai dua bumbu dapur.

Di sisi lain, pengguna Instagram @keyla_home juga punya trik khusus saat merebus jengkol agar cepat empuk, lho. Nggak main-main, jengkol sukses matang sempurna dan empuk hanya direbus dalam waktu 12 menit saja.

Penasaran gimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya