Tanpa tambahan garam, ini trik merebus jantung pisang agar warnanya tak menghitam dan antipahit

Tanpa tambahan garam, ini trik merebus jantung pisang agar warnanya tak menghitam dan antipahit
foto: YouTube/Heru Sutrisno Channel

Brilio.net - Bagi masyarakat Indonesia, ada banyak hasil tanaman pisang yang bisa dikonsumsi. Tak hanya buahnya saja, bagian jantung pisang juga kerap dikonsumsi sebagai alternatif menu sayur. Biasanya jantung pisang akan diolah terlebih dahulu untuk kemudian dimasak bersama bumbu dan bahan lain. Lantas hasil olahannya berupa perkedel, aneka tumisan, gulai, hingga masakan berkuah santan yang disantap bersama nasi putih hangat.

Saat mengolah jantung pisang, bahan satu ini biasanya perlu direbus dalam air mendidih terlebih dahulu. Selain untuk membuat teksturnya jadi empuk, perebusan jantung pisang juga dapat membantu menghilangkan getah di dalamnya. Getah ini seringkali membuat jantung pisang terasa pahit dan jadi hitam, lho.

Namun perlu diperhatikan bahwa perebusan jantung pisang ini nggak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, merebus jantung pisang juga dapat membuat getahnya semakin melekat. Alhasil, jantung pisang justru bisa pahit dan warnanya pun menghitam.

Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sebagian besar orang biasanya menggunakan bahan tambahan, yakni garam. Menambahkan garam ke dalam air rebusan jantung pisang dipercaya dapat melunturkan getah, penyebab rasa pahit dan berubahnya warna jantung pisang. Namun dalam beberapa kasus, garam ini juga dapat memengaruhi rasa jantung pisang, terlebih jika takarannya tidak pas.

Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan trik lain yang lebih praktis dan ampuh dilakukan. Seorang pengguna YouTube bernama Heru pernah membagikan trik merebus jantung pisang agar warna tak hitam dan antipahit. Melalui channel YouTube Heru Sutrisno Channel, dia mengaku tidak menggunakan garam atau bahan tambahan apapun saat merebus jantung pisang ini.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya