Tak perlu direbus, ini trik bikin tumis jantung pisang agar tidak pahit dan menghitam

Tak perlu direbus, ini trik bikin tumis jantung pisang agar tidak pahit dan menghitam
YouTube/Adriana Asa

Brilio.net - Pada umumnya, tanaman pisang dimanfaatkan bagian buahnya. Namun tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, bagian jantung pun dikenal sedap. Apalagi kalau dimasak jadi sayur untuk teman makan nasi.

Jantung pisang sendiri berasal dari bunga pisang yang tidak menjadi buah. Nah, bentuknya yang mengerucut seperti jantung membuatnya disebut sebagai jantung pisang. Dari luar, tampilan jantung pisang berwarna merah. Namun bagian dalamnya justru berwarna putih bersih.

Bagian dalam jantung pisang yang berwarna putih inilah yang akan dikonsumsi. Biasanya bagian tersebut memiliki tekstur lembut. Selain itu, rasanya juga gurih saat dimasak.

Namun bagian jantung pisang tersebut biasanya mengandung banyak sekali getah. Getah ini membuat tampilan jantung pisang jadi hitam saat direbus dengan air mendidih. Selain itu, getah pada jantung pisang juga membuat rasanya pahit.

Untuk menghilangkan getah tersebut, sebagian orang biasanya memilih untuk merebus jantung pisang di air mendidih. Ada juga yang menambahkan bahan tambahan, misalnya garam atau minyak goreng supaya getahnya tidak menempel. Dengan begitu, jantung pisang jadi lebih putih dan tak pahit.

Tapi tahu nggak sih, sebenarnya kamu nggak selalu harus merebus jantung pisang untuk mendapat hasil yang putih dan lezat. Ada proses pengolahan lain yang lebih efektif supaya jantung pisang bisa bebas dari getah, penyebab rasa pahit dan berubahnya warnanya.

Trik mengolah jantung pisang ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Adriana Asa. Melalui video singkat yang diunggah di YouTube Shorts channel tersebut, dia mengaku menggunakan trik lebih sederhana, tanpa proses perebusan.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Adriana Asa pada Minggu (10/9), trik tersebut bisa diterapkan ketika hendak memasak jantung pisang jadi aneka tumisan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya