Cukup 3 menit, begini trik merebus daun singkong agar empuk dan warnanya hijau meski tanpa baking soda

Cukup 3 menit, begini trik merebus daun singkong agar empuk dan warnanya hijau meski tanpa baking soda
YouTube/APSHA TV

Brilio.net - Di antara banyaknya sayuran hijau, daun singkong termasuk salah satu sayuran yang memiliki nilai gizi tinggi. Dilansir dari organic.ng, daun singkong sangat tinggi antioksidan dan vitamin C. Nutrisi ini bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, hingga kanker. Selain itu, daun singkong juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh agar lebih lancar.

Banyaknya nutrisi dan manfaat kesehatan tersebut lantas membuat daun singkong jadi bahan makanan yang diandalkan. Sayuran berdaun hijau ini bisa dimasak jadi berbagai macam menu, mulai dari aneka tumis, lalapan, atau gulai. Jika dimasak dengan perpaduan rempah khas Nusantara yang kaya rasa, olahan daun singkong pun semakin lezat.

Apapun jenis masakannya, tahap awal pengolahan daun singkong ini tetap sama, yakni dengan direbus. Perebusan daun singkong bertujuan untuk melunakkan teksturnya supaya lebih mudah diolah. Selain itu, merebus daun singkong juga membuatnya jadi matang dan bisa langsung disantap sebagai lalapan.

Pada dasarnya, cara merebus daun singkong sama halnya dengan saat merebus bahan makanan lain pada umumnya. Walaupun begitu, tidak sedikit yang justru masih mendapat hasil singkong rebus kurang memuaskan. Misalnya, tekstur singkong justru kurang empuk atau warna daunnya malah jadi cokelat kehitaman.

Untuk mengatasi masalah merebus daun singkong tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan bahan tambahan, misalnya mengandalkan baking soda. Bahan ini dipercaya dapat mempercepat proses perebusan agar daun singkong kian empuk. Selain itu, baking soda juga diketahui dapat menjaga warna hijau alami pada daun singkong.

Walau ampuh, tapi baking soda ini bisa memberikan efek lain, lho. Jika digunakan dalam jumlah agak banyak, baking soda malah membuat rasa daun singkong jadi pahit.

Biar lebih aman, kamu bisa meniru sebuah trik merebus daun singkong seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube APSHA TV. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan tambahan baking soda saat hendak merebus daun singkong. Walaupun begitu, daun singkong bisa tetap empuk dan warnanya tetap hijau meski hanya direbus dalam 3 menit saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya