Empuk dalam 10 menit, begini cara merebus singkong agar hemat gas tanpa tambahan garam

Empuk dalam 10 menit, begini cara merebus singkong agar hemat gas tanpa tambahan garam
TikTok/@mimi_arayzka

Brilio.net - Singkong atau ketela dikenal sebagai salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung nutrisi penting. Dilansir dari medicalnewstoday.com, komponen nutrisi terpenting dari singkong adalah vitamin K. Nutrisi ini dapat mendorong pembentukan dan perkembangan massa tulang.

Salah satu cara tepat untuk mendapat nutrisi tersebut adalah dengan mengonsumsinya langsung. Jika hendak mengonsumsi singkong, kamu bisa mengolahnya terlebih dahulu dengan berbagai macam metode, misalnya direbus. Singkong rebus kerap jadi alternatif makanan pengganti nasi karena cenderung mengenyangkan tubuh.

Pada dasarnya, merebus singkong bisa dilakukan seperti biasa. Namun untuk menghasilkan singkong berstektur empuk dan merekah, ternyata tidak semudah yang dibayangkan, lho. Banyak orang justru mendapati singkong rebus justru alot, sehingga kurang enak saat disantap.

Memang perlu cara khusus untuk merebus singkong supaya empuk. Jika menggunakan panci biasa, kamu harus merebus singkong minimal 30 menit. Durasi perebusan yang lama ini tentu berpotensi membuat penggunaan gas elpiji jadi lebih boros.

Untuk mempersingkat waktu, ada juga yang memilih menggunakan tambahan garam. Bahan satu ini dipercaya bisa membantu mempersingkat durasi perebusan singkong. Biasanya singkong yang direbus dengan garam dapat empuk dalam 20 menit.

Namun tahu nggak sih, sebenarnya ada teknik lain yang bisa dilakukan supaya durasi perebusan lebih cepat. Teknik ini dibagikan oleh pengguna TikTok @mimi_arayzka. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan teknik khusus yang dapat membuat singkong rebus jadi empuk dalam 10 menit saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya