Tanpa kukusan dan microwave, begini cara mengatasi nasi keras dan kurang matang di rice cooker

Tanpa kukusan dan microwave, begini cara mengatasi nasi keras dan kurang matang di rice cooker
TikTok/@firasidea_

Brilio.net - Penggunaan rice cooker memang bisa memudahkan pemakainya saat menanak nasi. Dengan rice cooker, kamu tak perlu lagi mengaduk atau mengukus beras yang dimasak. Cukup dengan memasukkan beras dan air ke dalam rice cooker, lalu memencet tombol 'cook'. Beras tersebut akan berubah menjadi nasi dengan sendirinya.

Philips HD 3138/32 salah satu merek rice cooker yang bisa menjadi pilihanmu. Memiliki kapasitas 2 liter dan daya listrik 400 watt, produk ini diusung dengan teknologi tinggi yang berbeda dari rice cooker buatan kompetitor pada umumnya. Hal ini bisa sangat membantu dalam menyajikan makanan untuk keluarga dengan cepat dan mudah. Klik di bawah ini untuk membeli Philips HD 3138/32 di e-commerce favoritmu.

Walaupun begitu, penggunaan rice cooker juga tidak terlepas dari kendala, lho. Dalam beberapa kasus, nasi yang ditanak menggunakan rice cooker justru masih bertekstur keras atau nggak pulen. Hal ini umumnya terjadi karena takaran air yang dipakai terlalu sedikit, sehingga nasi pun kurang matang.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah orang biasanya akan menanak kembali nasi dengan cara mengukusnya di dandang atau panci kukusan. Selain itu, nasi juga bisa ditanak dengan microwave. Caranya, nasi harus dipindah ke mangkuk terlebih dahulu. Lalu beri air dan diaduk, barulah ditanak di microwave sampai matang.

Namun selain dengan dua metode tersebut, sebenarnya ada cara lain yang lebih praktis dan nggak kalah efektif kalau mau mematangkan nasi yang keras, lho. Teknik ini pernah dipaparkan oleh pengguna TikTok @firasidea_ melalui salah satu video yang diunggah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya