Bukan dioles mentega, ini cara simpan sisa potongan bawang bombay agar tak layu hingga berhari-hari

Bukan dioles mentega, ini cara simpan sisa potongan bawang bombay agar tak layu hingga berhari-hari
foto: Instagram/@kireisuru

Brilio.net - Bawang bombay termasuk salah satu jenis bawang yang kerap digunakan memasak. Ketika dimasak dalam waktu yang lama, bawang bombay akan menjadi lebih manis dan aroma harumnya akan semakin kuat. Oleh sebab itu, bawang bombay sering digunakan sebagai bahan dasar untuk memberikan rasa dan aroma yang lezat pada berbagai masakan.

Jika dilihat dari segi ukuran, bawang bombay memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bawang merah dan bawang putih yang banyak beredar di pasar. Hal ini membuat 1 buah bawang bombay kerap digunakan untuk beberapa kali masak. Lantas, sisa bawang bombay yang sudah dipotong tersebut akan disimpan untuk digunakan lain waktu.

Sayangnya, sisa potongan bawang bombay ini seringkali tidak bisa bertahan lama. Sekalipun disimpan dalam kulkas, sisa potongan bawang bombay bisa cepat layu dan kering dalam waktu sehari. Padahal kondisinya yang kering membuat aroma dan rasa bawang bombay berkurang drastis.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan trik khusus. Misalnya dengan mengoleskan mentega ke bekas potongan di bawang bombay. Hal ini dinilai dapat mencegah oksidasi yang membuat bawang bombay jadi layu.

Namun mentega ini bisa memengaruhi rasa bawang bombay, lho. Jika ingin rasa dan aroma bawang bombay tetap original, kamu bisa menerapkan cara lain dalam menyimpan sisa potongannya. Cara ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @kireisuru melalui salah satu video yang diunggah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya