Bukan diolesi minyak, ini trik hilangkan rasa panas di tangan akibat cabai cuma pakai 1 bahan dapur

Bukan diolesi minyak, ini trik hilangkan rasa panas di tangan akibat cabai cuma pakai 1 bahan dapur
TikTok/@indah3yani

Brilio.net - Cabai pada dasarnya mengandung senyawa kimia yang dapat menyebabkan sensasi panas atau terbakar. Sensasi ini akan terasa ketika biji cabai terkena kulit tangan atau bagian tubuh lainnya. Sensasi panas ini disebabkan oleh senyawa yang disebut dengan capsaicin. Capsaicin sendiri adalah senyawa aktif yang memberikan rasa pedas pada cabai.

Ketika cabai diolah atau dimakan, capsaicin akan berinteraksi dengan reseptor panas pada kulit atau mulut, yang disebut TRPV1. Ini mengirimkan sinyal ke otak yang diinterpretasikan sebagai sensasi panas, meskipun tidak ada perubahan suhu yang sebenarnya terjadi.

Selain itu, capsaicin juga dapat bersifat iritatif terhadap kulit dan membran mukosa, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak nyaman dan bahkan iritasi pada beberapa orang yang lebih sensitif.

Meskipun sensasi panas yang disebabkan oleh capsaicin menyebabkan tidak nyaman, ada sebuah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Biasanya untuk menghilangkan rasa panas di tangan akibat cabai, sejumlah orang akan merendam jari tangan (yang panas) ke dalam air cucian beras. Ada juga yang mengoleskan minyak ke tangan yang panas akibat cabai. Sayangnya dalam beberapa kasus, metode tersebut terkadang kurang ampuh.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya