Tak perlu alat vakum, ini cara menyimpan cabai agar tetap segar hingga 1 bulan tanpa dibekukan

Tak perlu alat vakum, ini cara menyimpan cabai agar tetap segar hingga 1 bulan tanpa dibekukan
foto: Instagram/@miftach_

Brilio.net - Indonesia memiliki banyak sekali masakan khas dengan cita rasa pedas. Mulai dari rendang, sambal, gulai, hingga bumbu saus Padang diracik dengan rasa yang pedas. Biasanya, rasa pedas ini berasal dari cabai yang digunakan sebagai bumbu dasar sejumlah masakan tersebut.

Tingginya intensitas penggunaan cabai membuat banyak orang kerap menyimpannya dalam jumlah banyak. Sayangnya, penyimpanan cabai ini perlu diperhatikan dengan baik karena bahan makanan tersebut mudah sekali busuk. Dalam hitungan hari saja, cabai bisa kering, lembek, atau bahkan kehitaman sekalipun disimpan dalam kulkas.

Lantas untuk mencegah hal tersebut, sebagian orang akan menggunakan cara khusus. Misalnya dengan menyimpan cabai dalam freezer. Nah, cabai yang beku dinilai dapat lebih awet dan segar untuk waktu yang lama.

Namun selain dibekukan, ada juga yang memilih mengemasnya dalam wadah vakum. Minimnya udara di dalam wadah yang sudah divakum juga dapat menghambat pembusukan. Walau ampuh, namun kamu tetap harus memiliki alat vakum khusus untuk menerapkan cara ini.

Tapi jika di rumah tidak tersedia alat vakum, tak perlu khawatir, ada metode lain yang dapat digunakan untuk memperpanjang penyimpanan cabai. Metode ini pernah digunakan oleh pengguna Instagram @miftach_. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan plastik biasa untuk menyimpan cabai. Namun cabai tersebut bisa awet hingga 1 bulan meski tidak dibekukan, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya