Tak perlu dilapisi plastik, ini trik mudah mencegah munculnya bunga es dalam freezer

Tak perlu dilapisi plastik, ini trik mudah mencegah munculnya bunga es dalam freezer
YouTube/Oppa Thamrin

Brilio.net - Munculnya bunga es di freezer kerap menjadi masalah yang dialami banyak pemilik kulkas. Pasalnya bunga es ini sangat mengganggu. Selain bisa membuat ruang penyimpanan jadi terbatas, bunga es juga menyebabkan bau, freezer cepat rusak, hingga tagihan listrik meningkat.

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang menyebabkan bunga es ini semakin menumpuk dan memenuhi freezer. Salah satunya karena usia kulkas yang sudah cukup lama. Memang, beberapa komponen freezer pada kulkas lama cenderung mulai menurun fungsinya. Hal ini turut dijelaskan oleh pengguna YouTube Oppa Thamrin.

"Jika kulkas diandalkan untuk menyimpan makanan ataupun minuman agar tetap segar dan dingin, namun ketika kulkas telah beroperasi dalam waktu yang lama, bapak ibu sudah sering menjumpai munculnya bunga es pada area freezer kulkas," terang YouTube Oppa Thamrin, dikutip BrilioFood pada Rabu (9/8).

Untuk mengatasi hal ini, sejumlah orang biasanya menggunakan trik khusus. Salah satunya adalah dengan melapisi dinding freezer pakai plastik. Lapisan plastik ini bisa membuat bunga es tidak menempel langsung di dinding freezer, sehingga akan lebih mudah dibersihkan dengan cepat.

Sayangnya, cara ini tidak benar-benar bisa mencegah munculnya bunga es, lho. Oleh sebab itu, pengguna YouTube Oppa Thamrin menggunakan trik lain yang lebih ampuh. Menurutnya, ada empat trik yang bisa diterapkan untuk mencegah munculnya bunga es di freezer.

Tak perlu dilapisi plastik, ini trik mudah mencegah munculnya bunga es dalam freezer

foto: YouTube/Oppa Thamrin

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya