Jangan langsung dicuci air, ini trik agar mata tak semakin perih usai terkena cipratan cabai

Jangan langsung dicuci air, ini trik agar mata tak semakin perih usai terkena cipratan cabai
TikTok/@hpycamel

Brilio.net - Cabai dapat memberikan cita rasa khas pada masakan. Namun, saat mengolah cabai, sentuhan dengan bahan makanan ini dapat menyebabkan anggota tubuh turut panas. Bukan tanpa sebab, senyawa capsaicin yang terdapat pada cabai menjadi salah satu penyebab utama kulit terasa perih.

Namun tak hanya bagian kulit saja, mata juga bisa berpotensi terkena cipratan cabai saat memasak. Percikan cabai ini bisa berasal dari cipratan kuah makanan pedas atau saat mengulek cabai. Di momen tersebut, udara di sekitar cabai akan terasa panas dan pada akhirnya menguap hingga mengenai area mata.

Saat hal itu terjadi, tentu mata akan langsung perih dan panas. Banyak orang langsung mencuci mata dengan air mengalir ketika terkena cipratan cabai. Padahal tahu nggak sih, air tersebut dapat membuat zat capsaicin di mata justru meluber ke area lain. Alhasil, mata jadi terasa semakin perih.

Nah, supaya lebih aman, kamu bisa menerapkan trik sederhana seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @hpycamel. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku melakukan metode lain sebelum mencuci mata yang terkena cipratan cabai. Nah, metode ini dilakukan agar rasa perih yang dirasakan tidak semakin parah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya