Tak hanya direndam air hangat, ini trik hilangkan lilin di kulit buah apel dan pir pakai 3 bahan dapur

Tak hanya direndam air hangat, ini trik hilangkan lilin di kulit buah apel dan pir pakai 3 bahan dapur
foto: TikTok/@trirahayu14173

Brilio.net - Apel dan pir merupakan jenis buah-buahan yang banyak mengandung air sehingga terasa segar saat dikonsumsi. Selain itu, kedua buah ini juga banyak mengandung vitamin dan serat. Maka tak heran kalau apel dan pir banyak digemari orang.

Dilansir dari healthline.com, buah apel mengandung banyak serat, vitamin C, dan potassium yang dapat melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Sementara buah pir juga kaya akan kandungan serat, vitamin C, vitamin K, dan potassium yang berguna untuk menjaga kesehatan otot dan jantung.

Sebagaimana diketahui, kebanyakan buah apel dan pir juga dilapisi dengan lilin, lho. Lapisan lilin pada buah apel dan pir ini dapat terbentuk secara alami. Dilansir dari laman nwhort.org, lapisan lilin pada buah apel dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur, mengurangi kelembapan, serta dapat membantu memperlambat degradasi alami pada buah.

Selain lapisan lilin yang terbentuk alami, tak jarang produsen buah juga memberikan lapisan lilin buatan agar buah tak cepat rusak. Lapisan lilin tersebut dapat memberikan dampak pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, biasanya sebelum dikonsumsi, buah apel dan pir dicuci dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan lapisan lilinnya.

Tetapi ternyata mencuci dengan air saja belum cukup, lho. Terkadang lapisan lilin masih sulit hilang jika hanya dicuci dengan air hangat. Nah, untuk menghilangkan lapisan lilin tersebut, kamu perlu menambahkan beberapa bahan saat mencuci buah apel dan pir agar benar-benar bersih saat dimakan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya