Jangan cuma ditaburi garam, ini trik hilangkan lendir dan bau amis pada ikan belut pakai 3 bahan dapur

Jangan cuma ditaburi garam, ini trik hilangkan lendir dan bau amis pada ikan belut pakai 3 bahan dapur
foto: YouTube/Antok Endang (AE)

Brilio.net - Ikan belut kerap dijadikan lauk andalan untuk makan bersama keluarga di rumah. Belut bukan hanya memiliki rasa lezat, tapi juga aneka nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dilansir dari medicalnewstoday.com, ikan belut kaya akan protein, asam lemak omega 3 dan 6, aneka mineral, dan lain sebagainya. Sejumlah nutrisi pada ikan belut dipercaya bisa membantu perkuat tulang dan otot, menyehatkan otak, sampai meningkatkan imunitas, lho.

Ikan satu ini juga dapat disulap jadi aneka hidangan, seperti belut goreng, belut bakar, tumis belut aneka bumbu, pepes belut, dan masih banyak lagi. Tetapi, banyak orang ogah mengolah belut sendiri di rumah lantaran kesulitan membersihkannya.

Tubuh ikan belut memang dikenal cukup licin karena mengandung lendir. Belum lagi, jika belut tidak dibersihkan hingga tuntas, bisa-bisa bau amisnya masih tertinggal meski sudah dimasak, lho.

Biasanya, belut bisa diberi taburan garam selagi dibersihkan. Namun, terkadang garam saja masih belum cukup untuk menghilangkan lendir serta bau amisnya. Nah, rahasianya bisa kamu ikuti di unggahan milik YouTube Antok Endang (AE). Warganet ini menjelaskan, ada dua bahan lagi yang bisa ditambahkan untuk menghilangkan lendir dan bau amis pada belut.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya