Tak perlu diremas belimbing wuluh, ini trik ampuh menghilangkan lendir pada belut pakai 1 bahan dapur

Tak perlu diremas belimbing wuluh, ini trik ampuh menghilangkan lendir pada belut pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@amylia788

Brilio.net - Di wilayah tropis seperti Indonesia, belut bisa hidup dan berkembang biak dengan mudah. Bahkan kamu bisa menemukan jenis ikan air tawar ini di sawah atau sungai dekat rumah. Saking banyaknya, belut kerap dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai macam masakan.

Memang pada dasarnya, belut sudah menjadi bahan makanan yang dikonsumsi banyak orang. Biasanya belut akan digoreng untuk dijadikan lauk makan berat. Saat digoreng, teksturnya akan renyah dan rasanya pun cenderung gurih. Nggak heran jika kemudian belut menjadi makanan favorit banyak orang.

Namun di balik kelezatannya tersebut, banyak orang masih berpikir dua kali saat hendak mengonsumsi belut. Bukan tanpa sebab, bentuknya yang panjang menyerupai ular membuat sebagian orang justru enggan mengonsumsinya. Apalagi bagian kulitnya yang licin dan penuh lendir, juga membuat belut semakin sulit diolah.

Selain sulit diolah, lendir pada belut juga memiliki rasa pahit, lho. Jika tidak dibersihkan dengan baik, belut yang hendak disantap akan terasa pahit. Oleh sebab itu, lendir ini harus benar-benar dibersihkan sebelum siap diolah dengan berbagai macam bumbu.

Tapi perlu diketahui bahwa lendir ini cenderung sulit dihilangkan, lho. Karena sudah menempel kuat, lendir pada belut akan tetap lengket sekalipun sudah dicuci beberapa kali di bawah air mengalir. Sebagai alternatifnya, sebagian orang akan menggunakan bahan khusus untuk membersihkan lendir belut, salah satunya pakai belimbing wuluh. Jadi belimbing wuluh ini akan diremas bersama dengan belut sampai lendirnya keluar begitu saja.

Namun jika kamu sedang tidak memiliki belimbing wuluh atau mungkin sulit menemukan buah satu ini, ada bahan lain yang bisa digunakan. Seorang pengguna TikTok @amylia788 pernah membeberkan bahan tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku bahan ini lebih praktis didapat dengan harga yang terjangkau.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya