Tak perlu tepung atau garam, ini trik bersihkan lapisan lilin pada anggur dengan 3 bahan dapur

Tak perlu tepung atau garam, ini trik bersihkan lapisan lilin pada anggur dengan 3 bahan dapur

Brilio.net - Anggur termasuk salah satu buah tropis favorit banyak orang. Jenis anggur pun bermacam-macam, ada yang berwarna hijau, ungu, merah, dan lainnya dengan rasa dan tekstur masing-masing. Mengonsumsi buah anggur dipercaya bisa membantu menjaga kondisi tubuh selalu sehat, lho.

Dilansir dari health.com, anggur kaya akan nutrisi yang bisa meningkatkan imun, membantu tidur lebih nyenyak, menjaga kesehatan jantung, mencegah kerusakan mata, sampai mencegah dehidrasi.

Tapi meski sehat, cara mengonsumsi buah ini juga harus diperhatikan, lho. Cuci terlebih dahulu sebelum dimakan, ya.

Pasalnya, kalau buah anggur dikonsumsi langsung tanpa dibersihkan, bisa-bisa banyak kotoran, bakteri, ataupun lapisan lilin buah anggur yang turut masuk ke tubuh. Buah anggur pun sebaiknya tak dicuci pakai air begitu saja, karena terkadang lapisan lilinnya masih belum benar-benar hilang.

Dilansir dari ucdscommunityhealth.org, lapisan lilin anggur ada yang terbentuk secara alami ataupun disengaja dengan bantuan pabrik buah. Nah, lapisan lilin buatan inilah yang sebaiknya dihindari karena berisiko berbahaya untuk kesehatan.

Memang rada sulit untuk mengetahui apakah lapisan lilin anggur terbuat dari bahan alami ataupun buatan, sehingga lebih baik dibersihkan dulu sebelum buah ini dapat dinikmati.

Biasanya, orang-orang memanfaatkan bahan seperti garam dan tepung untuk menghilangkan lapisan lilin pada anggur. Namun, masih ada trik lain yang juga dapat kamu praktikkan di rumah, lho. Salah satu triknya sempat dibagikan oleh warganet di akun TikTok @alkalineyourlifestyle, yakni pakai tiga bahan dapur.

"This cleans and gets rid of pesticides (Trik ini dapat membersihkan anggur dan menghilangkan pestisidanya)," kata pemilik akun TikTok @alkalineyourlifestyle, dikutip BrilioFood pada Rabu (18/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya