Cuma butuh 5 menit, begini trik cepat menghilangkan lapisan lilin pada anggur pakai 2 bahan dapur

Cuma butuh 5 menit, begini trik cepat menghilangkan lapisan lilin pada anggur pakai 2 bahan dapur
TikTok/@sakura_sarni

Brilio.net - Buah-buahan dapat memberikan tubuh berbagai manfaat, terutama jika rutin dikonsumsi setiap hari. Tak terkecuali buah anggur. Dilansir dari healthline.com, makan anggur bisa meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, menguatkan tulang, dan lain sebagainya.

Ada banyak jenis anggur yang bisa dibeli di pasaran, baik yang warnanya ungu, ungu kemerahan, sampai hijau. Buah ini pun ada yang rasanya manis sampai kecut, tergantung jenis dan tingkat kematangannya.

Namun, sebelum mengonsumsi anggur, penting untuk mencucinya terlebih dahulu supaya tetap higienis. Karena selain kotor, biasanya kulit buah anggur juga dilapisi wax atau lapisan lilin. Dilansir dari frontiersin.org, lapisan lilin anggur ini ada yang muncul secara alami maupun buatan pabrik.

Usut punya usut, anggur membutuhkan lapisan lilin supaya tak mengalami kerusakan akibat radiasi ultraviolet, kehilangan kadar air, maupun hama buah. Meskipun bermanfaat untuk anggur, tapi lapisan lilin ini nggak melulu dibuat dari bahan yang aman untuk tubuh lho, sehingga sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu.

Seperti yang umum diketahui, lapisan lilin pada anggur sulit hilang jika dicuci cuma pakai air. Alhasil, banyak orang memanfaatkan baking soda biar lapisan lilin di kulit anggur cepat luntur. Tetapi, ada satu cara lagi tanpa baking soda sama sekali, melainkan pakai dua jenis bahan dapur lain tapi nggak kalah ampuh menghilangkan lapisan lilin pada anggur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya