Tanpa direndam larutan garam, ini trik menghilangkan rasa asin pada ikan asin dalam 5 menit

Tanpa direndam larutan garam, ini trik menghilangkan rasa asin pada ikan asin dalam 5 menit
foto: YouTube/TUTUT MANG ENDANG

Brilio.net - Ikan asin termasuk olahan ikan yang telah diawetkan menggunakan garam. Pengawetan ini lantas membuat rasa ikan jadi sangat asin. Tak hanya itu, pengawetan menggunakan garam juga bikin tekstur ikan asin jadi kering. Karena memang pada dasarnya, garam tersebut membuat kandungan air pada ikan berkurang drastis, sehingga teksturnya jadi kering.

Di sisi lain, rasa asin pada olahan ikan ini juga memberikan ciri khas tersendiri. Gurih asin alami pada ikan terasa sangat nikmat setelah dimasak. Oleh sebab itu, ikan asin ini sering diandalkan sebagai lauk makan yang disantap bersama nasi putih hangat dan sambal.

Sayangnya, bagi beberapa orang, rasa asin pada ikan asin ini terlalu pekat, bahkan sampai menurunkan selera makan. Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang ini akan mengurangi atau bahkan menghilangkan kandungan garam pada ikan tersebut. Dengan begitu, ikan asin jadi lebih enak disantap.

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa asin pada ikan asin. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah dengan merendam ikan dalam air garam. Penggunaan air garam dipercaya dapat melarutkan kandungan garam berlebih pada ikan asin.

Tapi biasanya cara tersebut hanya ampuh untuk jenis ikan asin tertentu. Misalnya ikan asin yang teksturnya tipis, seperti ikan teri. Sedangkan untuk ikan asin yang teksturnya tebal seperti ikan asin kakap atau ikan asin tenggiri, cara tersebut justru kurang ampuh. Kandungan garam yang melekat kuat di bagian dalam daging ikan yang tebal membuat rasa ikan akan tetap asin sekalipun sudah direndam.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya