Tanpa garam atau jeruk nipis, ini cara menghilangkan rasa asin berlebih pada ikan asin pakai 1 alat

Tanpa garam atau jeruk nipis, ini cara menghilangkan rasa asin berlebih pada ikan asin pakai 1 alat
foto: YouTube/Dapur Mama SaaYa

Brilio.net - Ikan biasa jadi pilihan menu lauk andalan ibu-ibu untuk dimasak di rumah. Jelas saja, ikan bisa dengan mudah dikreasikan jadi berbagai hidangan, misalnya ikan goreng, sup ikan, pepes, bakso ikan, tumis ikan, dan lain sebagainya. Kalau sudah ada aneka lauk ini di rumah, dijamin penggemar olahan ikan auto nambah terus pas makan.

Mengonsumsi ikan juga dipercaya membawa banyak manfaat untuk tubuh, lho. Dilansir dari oehha.gov, ikan dapat menutrisi tubuh dengan protein, vitamin, asam lemak omega-3, dan lain sebagainya. Selain ikan segar, kamu juga dapat membeli ikan asin saat berbelanja. Ikan asin ini bukan hanya sudah berbumbu yang bikin masak lebih praktis, tapi juga dikenal lebih awet saat disimpan.

Namun, terkadang ikan asin yang dijual di pasaran punya rasa asin berlebih yang bikin masakan jadi kurang nikmat. Alhasil, banyak orang berusaha menurunkan kadar asinnya terlebih dahulu sebelum ikan asin dimasak. Biasanya, orang-orang merendam ikan asin di air larutan garam ataupun jeruk nipis, sehingga rasa asinnya berkurang.

Di samping itu, kamu juga bisa mempraktikkan cara lain yang nggak kalah ampuh untuk menghilangkan rasa asin berlebih pada ikan asin, lho. Salah satu caranya sempat dibagikan oleh warganet akrab disapa Mama Saaya. Ia mengaku, cara ini hanya membutuhkan satu alat sederhana yang semua orang pasti memilikinya di rumah. Lantas, gimana sih caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya