Nggak cuma pakai garam, ini cara mudah mengurangi rasa asin pada ikan asin cukup tambah 1 bahan dapur

Nggak cuma pakai garam, ini cara mudah mengurangi rasa asin pada ikan asin cukup tambah 1 bahan dapur
foto: TikTok/@ninigiyem

Brilio.net - Siapa yang bisa menolak kenikmatan ikan asin? Olahan ikan yang diawetkan pakai garam ini memang disukai banyak orang. Selain rasanya enak, ikan asin juga dijual dengan harga yang relatif murah.

Ikan asin bisa diolah jadi berbagai menu masakan yang menggugah selera. Salah satu olahan yang bisa dibuat adalah ikan asin goreng. Nggak cuma bisa langsung dimakan begitu saja, ikan asin goreng juga bisa dimasak lagi pakai aneka varian sambal atau sayuran lainnya.

Sayangnya meski sudah dimasak dengan berbagai bumbu, terkadang rasa asin di ikan tetap mendominasi. Hal itu yang membuat sebagian orang menghindari olahan ikan asin.

Padahal ada cara yang bisa dilakukan untuk menetralkan rasa asin di ikan asin. Cara yang kebanyakan orang lakukan adalah dengan merendam ikan asin di larutan garam selama beberapa saat. Dilansir dari thespruce.com, kadar garam berlebih pada ikan asin bisa larut ke air garam.

Cara menghilangkan rasa asin berlebih di ikan asin pakai larutan garam ini juga pernah dilakukan oleh seorang pengguna TikTok @ninigiyem. Dalam unggahannya, perempuan satu ini juga menambahkan satu bahan dapur lainnya, yakni bawang merah saat mengolah ikan asin. Lantas bagaimana cara pengaplikasiannya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya