Tak perlu garam atau air panas, ini cara ampuh dan cepat mengurangi rasa asin pada ikan asin

Tak perlu garam atau air panas, ini cara ampuh dan cepat mengurangi rasa asin pada ikan asin
YouTube/NikNok Family

Brilio.net - Sejumlah makanan seperti ikan, biasanya diawetkan menggunakan garam. Bahan dapur garam dipercaya bisa mengurangi kandungan air pada makanan, khususnya ikan. Nah, ikan kering yang dicampur garam pun bisa tahan lama, sekalipun disimpan di suhu ruang.

Selain untuk pengawet, garam juga biasanya dimanfaatkan sebagai penambah rasa. Nah, rasa asin yang pekat pada olahan ikan ini memang sudah menjadi ciri khas tersendiri. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang justru kurang suka dengan rasa asin yang pekat pada ikan tersebut. Alhasil, cita rasa asinnya pun dikurangi dengan berbagai cara.

Memang pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah dengan merendamnya di air garam. Larutan air garam dipercaya dapat melarutkan kandungan garam berlebih pada ikan, sehingga rasa asinnya pun berkurang.

Selain garam, ada juga yang memilih menggunakan air panas. Caranya pun tidak jauh berbeda, yakni dengan merendam ikan asin dalam air panas sampai suhunya dingin. Walau ampuh, namun butuh waktu lama untuk benar-benar memastikan rasa asin pada ikan sudah berkurang.

Padahal sebenarnya ada trik lain yang lebih ampuh dan cepat dilakukan untuk mengurangi rasa asin pada ikan. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube NikNok Family melalui salah satu video yang diunggah.

"Tips mengurangi rasa asin pada ikan asin supaya lebih nikmat, tidak keasinan," ujar YouTube NikNok Family, dikutip BrilioFood pada Rabu (27/9).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya