Bukan direbus atau direndam air panas, ini trik bikin bihun goreng yang lembut, kenyal, dan antilembek

Bukan direbus atau direndam air panas, ini trik bikin bihun goreng yang lembut, kenyal, dan antilembek
TikTok/@nivyzie

Brilio.net - Masyarakat kerap mengonsumsi bihun sebagai pengganti nasi. Bihun memang berasal dari pati dan karbohidrat tinggi, seperti jagung, tepung gandung, atau bahkan tepung beras. Nah, kandungan karbohidrat yang tinggi tersebut bisa membuat perut kenyang sama seperti nasi.

Pada dasarnya, ada banyak menu yang terbuat dari bihun. Misalnya bihun goreng yang termasuk menu favorit banyak orang. Rasanya yang gurih manis membuat bihun goreng semakin nikmat. Selain itu, teksturnya yang lembut dan kenyal juga bikin siapa saja ketagihan.

Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat bihun goreng yang lembut dan kenyal. Salah-salah, tekstur bihun malah lembek karena terlalu matang. Memang pada dasarnya, membuat bihun goreng ini susah-susah gampang bagi sebagian orang.

Untuk menghasilkan bihun goreng supaya lembut, kenyal, dan tak lembek, ada baiknya direbus dahulu sebelumnya. Selain direbus, ada juga yang memilih merendamnya dalam air panas agar bihun jadi matang dan mudah diolah. Sayangnya, pengolahan seperti itu dapat membuat bihun jadi overcooked atau terlalu matang saat ditumis bersama bumbu.

Nah, ada satu trik lagi untuk membuat bihun goreng tetap lembut, kenyal, dan tak lembek, lho. Sama seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @nivyzie.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya