Tak perlu direndam semalaman, ini trik merebus kacang hijau agar empuk hanya dalam 14 menit

Tak perlu direndam semalaman, ini trik merebus kacang hijau agar empuk hanya dalam 14 menit
foto: TikTok/@ryskmaaa

Brilio.net - Kacang hijau termasuk tanaman yang banyak tumbuh di wilayah tropis. Biasanya, kacang hijau dapat ditanam kembali agar menjadi tauge. Tetapi, tak jarang orang-orang langsung menggunakan kacang hijau saja untuk membuat hidangan tertentu, salah satunya bubur. Bubur kacang hijau ini kerap dijadikan menu sarapan ataupun makan malam.

Bubur kacang hijau biasanya dihidangkan saat masih panas, sehingga bisa menghangatkan tubuh saat dikonsumsi di pagi dan malam hari. Namun, banyak orang menghindari masak hidangan satu ini karena dianggap proses pembuatannya lama. Bagaimana tidak, tekstur kacang hijau memang cukup keras, sehingga harus direndam ataupun direbus dalam waktu lama hingga empuk.

Bahkan, tak jarang orang-orang harus merendam kacang hijau semalaman sebelum dimasak ataupun merebusnya berjam-jam, lho. Kalau kamu salah satu orang yang sering melakukan teknik tersebut, mulai sekarang bisa beralih ke trik lain yang lebih hemat waktu, nih. Triknya sempat dibagikan oleh warganet di akun TikTok @ryskmaaa. Usut punya usut, ia hanya butuh waktu 14 menit untuk merebus kacang hijau.

"Aku dulu biasa masak kacang hijau bisa 1 jam lebih dan biasanya sebelum dimasak kacang hijaunya juga harus direndam dulu semalaman," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @ryskmaaa pada Rabu (22/11).

Semula, cuci bersih dulu kacang hijau. Kemudian, rendam di dalam mangkuk berisi air selama 10 menit. Jika sudah, siapkan panci berisi air untuk merebus kacang hijau. Saat airnya sudah mendidih, masukkan kacang hijau yang sudah ditiriskan dan rebus selama 7 menit di dalam panci tertutup.

Tak perlu direndam semalaman, ini trik merebus kacang hijau agar empuk hanya dalam 14 menit

foto: TikTok/@ryskmaaa

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya