Bukan direbus dulu, ini trik hilangkan racun ikan tongkol agar tak bikin alergi atau keracunan makanan

Bukan direbus dulu, ini trik hilangkan racun ikan tongkol agar tak bikin alergi atau keracunan makanan
foto: Instagram/@dirumah.khawla

Brilio.net - Ikan tongkol sering dijadikan menu lauk oleh ibu-ibu untuk makan bersama keluarga di rumah. Jenis ikan satu ini punya rasa lezat dan daging yang empuk. Ikan tongkol juga cocok diolah jadi aneka hidangan lezat, contohnya tongkol suwir, tongkol balado, tongkol kuah asam, dan lain-lain.

Namun, banyak orang menghindari ikan satu ini karena dianggap mudah bikin alergi ataupun keracunan makanan. Dilansir dari foodallergytest.co.uk, reaksi alergi atau keracunan makanan usai menyantap tongkol ditandai dengan munculnya rasa gatal pada kulit, bengkak pada beberapa area tubuh, sesak napas, atau bahkan mual dan muntah.

Hal ini bisa terjadi karena ikan tongkol mengandung racun yang berbahaya untuk tubuh manusia. Biasanya, untuk menghilangkan racunnya, orang-orang memilih merebus tongkol ataupun memarinasinya dengan garam terlebih dahulu. Tetapi, berbeda dengan warganet di akun Instagram @dirumah.khawla ia mengatakan ada trik lain yang nggak kalah efektif.

"Entah kenapa kalo makan ikan tongkol tu suka deg-degan, istrinya kakak sepupuku bahkan harus dirawat dirumah sakit karena keracunan ikan tongkol," tulisnya dalam unggahan Instagram @dirumah.khawla, dikutip BrilioFood pada Rabu (21/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya