Tanpa dimarinasi dulu, ini cara agar ikan tongkol goreng tidak amis dan keras

Tanpa dimarinasi dulu, ini cara agar ikan tongkol goreng tidak amis dan keras
YouTube/Ceceromed Kitchen

Brilio.net - Ikan tongkol biasa jadi alternatif menu lauk khas rumahan. Jenis ikan satu ini cocok diolah jadi berbagai hidangan lezat. Misalnya dibikin tongkol balado, tongkol cabai hijau, oseng tongkol suwir, pindang tongkol, tongkol kuah santan, dan lain-lain.

Jenis ikan laut satu ini juga dipercaya tinggi nutrisi, lho. Dilansir dari webmd.com, ikan tongkol kaya akan protein, asam lemak omega-3, serta aneka mineral dan vitamin. Sejumlah zat dalam ikan tongkol ini dikenal bisa menyehatkan otak dan jantung, menguatkan imun tubuh, sampai menguatkan tulang dan otot.

Ikan tongkol pun tak hanya cocok dimasak jadi aneka hidangan dan menyehatkan, tapi rasanya juga lezat, yang bikin banyak orang doyan dengan lauk ini. Tetapi, tak sedikit orang-orang yang ogah memasaknya di rumah, karena teksturnya dianggap cukup alot. Apalagi, kalau ikan tongkol diolah dengan cara digoreng, pastinya teksturnya semakin alot.

Untuk mengatasinya, seringkali orang-orang memilih memarinasi tongkol bareng berbagai bahan dan bumbu untuk membantu mengempukkannya. Namun, berbeda dengan warganet di akun YouTube Ceceromed Kitchen, wanita ini punya trik lain yang nggak kalah efektif untuk mengempukkan tekstur daging ikan tongkol. Bahkan, trik ini juga membantu menghilangkan bau amisnya, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya