Tak perlu buang ekornya, begini trik hilangkan racun pada ikan tongkol pakai 1 bumbu dapur

Tak perlu buang ekornya, begini trik hilangkan racun pada ikan tongkol pakai 1 bumbu dapur
foto: Instagram/@resepsukmadewi

Brilio.net - Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi karena rasanya yang lezat dan memiliki banyak kandungan gizi untuk tubuh. Namun di sisi lain, jenis ikan satu ini juga beracun. Ikan tongkol diketahui dapat mengakibatkan keracunan scombroid yang disebabkan karena bakteri yang tumbuh selama masa penyimpanan daging ikan.

Efek keracunan tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang, mulai dari rasa gatal, wajah kemerahan, hingga sakit kepala dan muntah. Oleh karena itu, ikan tongkol perlu dibersihkan dengan cara khusus untuk meminimalisir racun pada ikan. Banyak orang yang memilih untuk merendam ikan tongkol dengan air yang dicampur arang untuk menetralisir racun.

Ada juga yang membuang bagian ekor ikan tongkol untuk menghilangkan racunnya. Hal tersebut lantaran bagian ekor dianggap sebagai akhir dari penyerapan racun pada ikan tongkol sehingga perlu dibuang.

Namun salah seorang warganet melalui Instagram @resepsukmadewi membagikan cara lain untuk menghilangkan racun pada ikan tongkol. Dengan cara ini, kamu juga tak perlu repot membuang bagian ekor ikan tongkol.

"Ikan tongkol antigatal, antiamis, antianyir, resep turun temurun. Jadi tidak harus membuang ekornya, tapi ada teknik lain," ucapnya, dilansir BrilioFood, Jumat (9/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya