Bukan diremas garam, ini cara menghilangkan rasa pahit pada pare sebelum diolah

Bukan diremas garam, ini cara menghilangkan rasa pahit pada pare sebelum diolah
TikTok/@misshanaid

Brilio.net - Walau memiliki rasa pahit, namun banyak orang masih gemar mengonsumsi pare. Jenis labu satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Dilansir dari narayanahealth.com pare bisa menjadi sumber vitamin C, yang membantu melawan penyakit, mendukung penyembuhan luka, dan sangat penting bagi perkembangan tubuh.

Banyaknya nutrisi pada pare membuat sejumlah orang masih suka mengonsumsinya. Bahkan bagi beberapa orang, pare termasuk sayur favorit yang bisa dimasak jadi aneka menu. Misalnya aneka tumisan, lalapan, atau bahkan untuk siomay.

Namun pare menjadi salah satu bahan makanan yang memerlukan perlakuan khusus. Mengingat bahwa sayur satu ini memiliki cita rasa sangat pahit. Jika tidak dihilangkan, rasa pahit ini akan terbawa sampai pare sudah diolah dan siap dikonsumsi.

Untuk menghilangkan rasa pahitnya, banyak orang kemudian memutar otak saat mengolah pare. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan mengandalkan garam. Jadi pare yang sudah diiris akan diremas-remas dengan garam untuk menetralisir rasa pahitnya.

Cara tersebut memang efektif, namun memiliki efek samping. Pare yang diremas dengan garam biasanya akan jadi lembek. Selain itu, dalam beberapa kasus, warna pare juga justru berubah jadi kekuningan.

Namun tak perlu khawatir, ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit pare sebelum diolah. Seorang warganet TikTok dengan akun @misshanaid pernah membagikan trik mengolah pare melalui salah satu video yang diunggah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya